1212000074 - Dina Delia Febriani - Bussines Relationship (S) - Prinsip dan Perkembangan Manajemen Bussines Relationship - Materi ke - 9
RESUME BUSSINES RELATIONSHIP
Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Nama : Dina D.F. NBI : 1212000074 Matkul : Bussines Relationship S
Prinsip dan Perkembangan Manajemen Bussines Relationship
Pengukuran dan analisis
Tujuan BRM mensyaratkan bahwa konsep dan prinsipnya dapat diidentifikasi dan diukur. Mengingat modelnya, seseorang harus dapat mengidentifikasi hubungan bisnis yang mereka lakukan, dan mengukurnya dalam istilah seperti kuantitas atau durasi. Hal yang sama berlaku untuk semua aspek BRM, seperti jenis, peran, atau prinsip.
Tujuan
Setiap hubungan bisnis memiliki tujuan yang membutuhkan partisipasi dari berbagai peran untuk mencapainya. Tujuan dari hubungan bisnis tertentu bersifat diskrit dan terukur.
Reputasi dan kepercayaan
Model BRM harus mencoba memodelkan dan mengukur reputasi dan kepercayaan . Setiap hubungan, dan setiap interaksi di dalamnya, berkontribusi pada reputasi. Reputasi mengurangi risiko dan mengurangi friksi dalam proses bisnis. Kepedulian terhadap reputasi mendorong perilaku yang baik. Tidak adanya kepercayaan akan menyebabkan hubungan bisnis gagal, sebaliknya kepercayaan meningkatkan efisiensi dan memungkinkan penyelesaian konflik. Hubungan antara kepercayaan sebagai konsep inti tradisional [11] dan dalam bentuk 'radikal' yang muncul sebagai komponen komunitas online [12] harus dijelaskan.
Pemerintahan
Tujuan tata kelola hubungan bisnis yang efektif adalah tercapainya kerjasama dan koordinasi antar pelaku usaha. [13] Mereka dapat mengandalkan mekanisme kontraktual atau relasional, atau (sering kali) keduanya, untuk memfasilitasi tata kelola hubungan bisnis. [14] Model BRM perlu memperhitungkan dan menyelaraskan dengan model tata kelola perusahaan , termasuk etika bisnis , batasan hukum, dan norma sosial yang berlaku untuk hubungan bisnis.
Batasan
Model BRM harus menentukan batas-batas hubungan bisnis dalam rangkaian hubungan interpersonal yang lebih besar. Selain masalah tata kelola, model harus memeriksa apakah ada tingkat hubungan pribadi yang optimal, dan apakah mereka berbeda berdasarkan jenis, peran, atau atribut lainnya. Model tersebut harus membantu menentukan batasan yang mengoptimalkan efektivitas sekaligus mendukung praktik tata kelola yang baik.
Pertukaran dan timbal balik
Model pertukaran dan timbal balik BRM
harus memperluas dimensi tradisional untuk memperhitungkan tidak hanya
pertukaran keuangan, tetapi juga pertukaran waktu, uang, pengetahuan, dan
reputasi. Ini adalah fitur utama dari hubungan bisnis.
DAFTAR PUSTAKA
https://en.wikipedia.org/wiki/Business_relationship_management
Komentar
Posting Komentar