1212000074 - Dina Delia Febriani - Bussines Relationship (S) - Strategies of Business Relationship Management - Materi ke-5
RESUME BUSSINES RELATIONSHIP
Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Nama : Dina D.F. NBI : 1212000074 Matkul : Bussines Relationship S
Strategi Manajemen Hubungan Bisnis
Hubungan baik dengan pelanggan merupakan hal yang wajib
untuk dipelihara agar hubungan antara pelanggan dan perusahaan dapat terus
berjalan dengan baik dan menghasilkan keuntungan untuk kedua belah pihak.
Manajemen hubungan pelanggan atau CRM adalah kegiatan pengelolaan hubungan antar pelanggan dan perusahaan yang bertujuan untuk memelihara dan membangun hubungan baik dengan pelanggan agar kegiatan bisnis yang terjadi dengan pelanggan dapat terus berjalan berkelanjutan.
Manajemen hubungan pelanggan ini biasanya menggunakan
teknologi yang berguna untuk mendukung dan mempermudah kegiatan tersebut yang
disebut sistem manajemen hubungan pelanggan (sistem CRM).
Sistem manajemen hubungan pelanggan merupakan sebuah
sistem informasi yang terintegrasi yang digunakan untuk merencanakan,
menjadwalkan, dan mengontrol atau mengendalikan aktivitas-aktivitas
pra-penjualan dan pasca-penjualan yang terjadi dalam perusahaan.
Dengan menggunakan sistem manajemen hubungan pelanggan
pada perusahaan, akan membantu dan mempermudah manajemen dalam memantau
aktivitas penjualan mulai dari leads masuk sampai dengan
terjadinya deals.
Apa Fungsi Manajemen Hubungan Pelanggan?
Secara umum, fungsi manajemen hubungan pelanggan bagi
perusahaan adalah untuk membantu dan mempermudah manajemen perusahaan dalam
memantau aktivitas penjualan dan mendapatkan informasi secara menyeluruh
tentang perilaku pelanggan.
Hal ini agar perusahaan dapat memperbaiki sistem
operasional dan pelayanan mereka untuk memberikan layanan terbaik kepada
pelanggan dan meningkatkan loyalitas pelanggan pada perusahaan.
Apa Komponen dari Manajemen Hubungan Pelanggan?
Adapun manajemen hubungan pelanggan memiliki 3 komponen
penting di dalamnya, yaitu:
1. Manajemen (Management)
Tentu komponen pertama adalah manajemen. Dalam hal ini
adalah pihak-pihak yang terlibat dalam kegiatan interaksi dengan pelanggan,
seperti call center, tim sales, tim marketing, dan lain sebagainya. Dan, juga
tentang bagaimana strategi mereka dalam menjalankan manajemen hubungan
pelanggan yang baik dan tepat.
2. Hubungan (Relationship)
Komponen dari manajemen hubungan pelanggan yang
berikutnya adalah hubungan. Yaitu, tentang bagaimana untuk memberikan pelayanan
terbaik untuk menciptakan hubungan baik dengan pelanggan. Selain itu, tentang
dan bagaimana untuk memberikan solusi terbaik untuk setiap permasalahan dan
kebutuhan pelanggan.
3. Pelanggan (Customer)
Komponen dari manajemen hubungan pelanggan yang terakhir
adalah pelanggan. Pelanggan adalah pusat dari alasan mengapa manajemen hubungan
pelanggan ada dan dibutuhkan oleh perusahaan. Pelanggan disini meliputi calon
pelanggan maupun pelanggan yang sudah ada. Tentang bagaimana cara mendapatkan
pelanggan baru dan tetap mempertahankan pelanggan yang sudah ada
Apa Tujuan dari Manajemen Hubungan Pelanggan?
Tujuan dari adanya manajemen hubungan pelanggan adalah
untuk memperoleh hubungan baik dengan pelanggan, yaitu dengan cara mengetahui
sebanyak mungkin informasi tentang bagaimana kebutuhan dan perilaku pelanggan
agar perusahaan dapat memperbaiki sistem operasional dan meningkatkan pelayanan
mereka.
Dengan tujuan tersebut, perusahaan dapat merencanakan
strategi marketing yang lebih baik di masa depan berdasarkan data dan informasi
yang mereka kumpulkan dengan sistem manajemen hubungan pelanggan.
Karena kunci sukses dari sebuah bisnis adalah tentang
seberapa jauh kita memahami pelanggan dan memenuhi kebutuhan mereka. Untuk
itulah tujuan dari manajemen hubungan pelanggan digunakan agar mempermudah
perusahaan dalam memahami pelanggan, memberikan pelayanan terbaik kepada mereka
dan meningkatkan omzet perusahaan.
Bagaimana Proses Manajemen Hubungan Pelanggan?
Adapun 3 tahapan penting dalam menjalankan manajemen
hubungan pelanggan ini, yaitu:
1. Memperoleh Pelanggan Baru (Acquired)
Tahapan pertama dari manajemen hubungan pelanggan adalah
mendapatkan pelanggan baru. Tujuan utama dari sebuah bisnis adalah untuk
mendapatkan pelanggan sebanyak-banyaknya. Untuk itu, Anda harus memberikan
layanan terbaik serta memberikan solusi untuk memenuhi kebutuhan mereka agar
mereka dapat segera membeli produk Anda.
2. Menambah Nilai dari Pelanggan (Enhanced)
Tahapan selanjutnya adalah dengan menambah nilai dari
pelanggan. Nilai dari pelanggan atau biasa disebut Customer Lifetime Value ini
adalah nilai keseluruhan pendapatan yang dapat Anda dapatkan dari pelanggan.
Untuk caranya Anda bisa melakukan strategi up-selling atau cross-selling.
Up-selling adalah kegiatan mendorong konsumen untuk membeli
produk yang lebih besar, lebih unggul, atau lebih banyak daripada produk awal
yang pelanggan pilih. Sedangkan, cross-selling adalah kegiatan
mendorong pelanggan untuk membeli produk berbeda yang masih berhubungan dengan
produk awal yang pelanggan pilih.
3. Mempertahankan Pelanggan (Retain)
Tahapan terakhir dari manajemen hubungan pelanggan adalah
dengan mempertahankan pelanggan yang sudah ada. Dengan cara tetap terus
memberikan pelayanan terbaik kepada mereka, tetap menjalin hubungan baik,
mendengarkan saran dan masukkan dari pelanggan. Yang hal tersebut dapat Anda
gunakan sebagai bahan evaluasi untuk meningkatkan pelayanan dan juga
fitur-fitur produk Anda agar pelanggan tetap mau bertahan dan terus menggunakan
produk Anda.
Manajemen hubungan pelanggan memiliki berbagai tugas
lainnya yang bisa menunjang keuntungan bisnis Anda menjadi semakin optimal, di
antaranya:
- Mengelola
informasi terkait pelanggan, pelayanan, dan penjualan bisnis.
- Membantu
mengambil keputusan yang strategis berdasarkan data yang tersimpan dalam
manajemen hubungan pelanggan, misalnya dalam hal promosi penjualan.
- Membantu
melacak prospek penjualan bisnis sehingga sales dapat menganalisis wilayah
potensial.
- Personalisasi
kebutuhan pelanggan sehingga promosi yang dilakukan tepat sasaran.
- Menangani
keluhan dan saran pelanggan dengan cepat dengan mengintegrasikan seluruh
saluran komunikasi yang bisnis Anda miliki.
Apa Manfaat Manajemen Hubungan Pelanggan Bagi Bisnis?
1.
Menghemat biaya
2.
Meningkatkan loyalitas pelanggan
3.
Meningkatkan produktivitas pelanggan
4.
Meningkatkan time to market
5.
Meningkatkan penjualan
Apa Manfaat Manajemen Hubungan Pelanggan Bagi
Pelanggan?
1.
Mendapatkan pelayanan yangcepat dan responsif
2. Solusi atau Kebutuhan Dapat Terselesaikan Dengan Cepat
3. Memudahkan Dalam Menghubungi Bisnis Dari Berbagai Channel
4.
Dapat Memberikan Kepercayaan Sepenuhnya Kepada Bisnis
DAFTAR PUSTAKA
Buku Bussiness Relationship_Business%20Relationship%20Management%20and%20Marketing%20Mastering%20Business%20Markets%20(%20PDFDrive%20).pdf
https://www.sekolahan.co.id/nilai-pelanggan/
https://www.barantum.com/blog/manajemen-hubungan-pelanggan/
Website : https://dinadeliafebriani.blogspot.com/ | Website Untag : https://www.untag-sby.ac.id/
Komentar
Posting Komentar