1212000074 - Dina Delia Febriani - Bussines Relationship (S) - Instrumenst of Bussiness Relationship Management - Materi ke-6
RESUME BUSSINES RELATIONSHIP
Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Nama : Dina D.F. NBI : 1212000074 Matkul : Bussines Relationship S
Instrumenst of Bussiness Relationship Management
Manajemen Hubungan pelanggan adalah proses dinamis dalam mengatur hubungan antara pelanggan dengan perusahaan agar para pelanggan dapat memilih untuk tetap melanjutkan hubungan saling menguntungkan secara komersial dan untuk mengantisipasi agar hubungan tersebut tidak menjadi tidak menguntungkan perusahaan.
Manajemen
hubungan pelanggan
dapat didefinisikan sebagai aturan atau paradigma dasar tentang cara
berinteraksi atau berhubungan dengan pelanggan.
Dengan strategi ini, para pebisnis dapat meningkatkan hubungan layanan pelanggan dan membantu mempertahankan pelanggan serta mendorong pertumbuhan penjualan.
Tujuan dari manjemen hubungan pelanggan secara lebih
rinci:
- Meningkatkan
kesetiaan atau loyalitas pelanggan dengan pendekatan ke pelanggan
- Meningatkan
layanan yang berdasarkan interaksi sebelumnya dan transaksi oleh pelanggan
- Mengumpulkan
informasi melalui kontak berkelanjutan dengan pelanggan dan memperbarui
data pelanggan
- Meneruskan informasi ke berbagai departemen untuk menciptakan kesatuan dalam strategi orientasi pelanggan
Manfaat manajemen hubungan pelanggan :
1. Meningkatkan
Pendapatan
Manajemen hubungan pelanggan dapat meningkatkan
pendapatan dan keuntungan perusahaan, seperti penjualan dan pelayanan melalui
Internet.
2. Mendorong
Loyalitas Pelanggan
Aplikasi CRM memungkinkan perusahaan untuk mendayagunakan
informasi dari semua titik kontak dengan pelanggan, baik via web, call-center,
ataupun lewat staf pemasaran dan pelayanan di lapangan.
3. Mengurangi
Biaya
CRM juga memungkinkan biaya penjualan atau pelayanan
lebih murah dalam skema program pemasaran yang spesifik dan terfokus. Proses
ini tertuju ke pelanggan secara tepat pada waktu yang tepat pula.
4. Meningkatkan
Efisiensi Operasional
CRM memungkinkan penghilangan sekat birokrasi karena ini
memungkinkan terjadinya otomatisasi transaksi, sehingga hambatan birokrasi dan
administrasi dapat dikurangi.
5. Menaikkan Time
to Market
CRM ini memungkinkan untuk membawa produk ke pasar dengan lebih cepat dan informasi bagi pelanggan menjadi lebih baik. Pemasaran melalui Internet dapat mengurangi hambatan waktu dan geografis.
Fungsi manajemen hubungan pelanggan pada bisnis:
- Mengidentifikasi
kebutuhaan atau minat pelanggan
- Fokus
melayani kebutuhan pelanggan
- Mengutamakan
sudut pandang pelanggan
- Menyediakan
layanan dukungan pelanggan penuh
- Membangun
pengalaman pelanggan yang menyenangkan
- Menyediakan
solusi end-to-end untuk setiap permasalahan pelanggan
- Memberikan
informasi terpadu sesuai dengan kebutuhan pelanggan
- Menangani
keluhan pelanggan lebih komperhensif
- Mencatat dan mengikuti semua aspek dalam penjualan
Cara Kerja Manajemen Hubungan Pelanggan
1.
Mendukung strategi
yang terpusat kepada pelanggan
Sistem dari program ini mengutamakan pelanggan di segala
aspek yang Anda lakukan. Perusahaan dan organisasi yang menggunakan sistem ini
dapat menjaga kualitas dari pengalaman pelanggan, karena mereka menyadari
pentingnya dari pengalaman pelanggan yang dapat menghasilkan loyalitas kepada
perusahaan Anda.
2.
Sentralisasi data pelanggan
Sistem CRM menggabungkan semua penjualan, marketing dan
informasi customer service di dalam satu database terpusat.
3.
Otomatisasi proses customer-facing business
Proses bisnis yang berhubungan langsung dengan pelanggan
dapat berjalan dengan lebih efisien dengan penggunaan program ini. Marketing, penjualan,
dan customer service dapat memberikan pengalaman lebih baik
dalam memenuhi kebutuhan pelanggan. Semua berawal dengan prospek dan berakhir
kepada pelanggan.
DAFTAR PUSTAKA
https://jurnal.umj.ac.id/index.php/perspektif/article/view/12029/6788
https://qontak.com/blog/manajemen-hubungan-pelanggan/
Website : https://dinadeliafebriani.blogspot.com/ | Website Untag : https://www.untag-sby.ac.id/
Komentar
Posting Komentar