Langsung ke konten utama

1212000074 - Dina Delia Febriani - Bussines Relationship (S) - Instrumenst of Bussiness Relationship Management - Materi ke-6

     

RESUME BUSSINES RELATIONSHIP

Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Nama : Dina D.F.  NBI : 1212000074  Matkul : Bussines Relationship S


Instrumenst of Bussiness Relationship Management

 

Manajemen Hubungan pelanggan adalah proses dinamis dalam mengatur hubungan antara pelanggan dengan perusahaan agar para pelanggan dapat memilih untuk tetap melanjutkan hubungan saling menguntungkan secara komersial dan untuk mengantisipasi agar hubungan tersebut tidak menjadi tidak menguntungkan perusahaan.

Manajemen hubungan pelanggan dapat didefinisikan sebagai aturan atau paradigma dasar tentang cara berinteraksi atau berhubungan dengan pelanggan.

Dengan strategi ini, para pebisnis dapat meningkatkan hubungan layanan pelanggan dan membantu mempertahankan pelanggan serta mendorong pertumbuhan penjualan.

Tujuan dari manjemen hubungan pelanggan secara lebih rinci:

  1. Meningkatkan kesetiaan atau loyalitas pelanggan dengan pendekatan ke pelanggan
  2. Meningatkan layanan yang berdasarkan interaksi sebelumnya dan transaksi oleh pelanggan
  3. Mengumpulkan informasi melalui kontak berkelanjutan dengan pelanggan dan memperbarui data pelanggan
  4. Meneruskan informasi ke berbagai departemen untuk menciptakan kesatuan dalam strategi orientasi pelanggan

Manfaat manajemen hubungan pelanggan :

1.      Meningkatkan Pendapatan

Manajemen hubungan pelanggan dapat meningkatkan pendapatan dan keuntungan perusahaan, seperti penjualan dan pelayanan melalui Internet.

2.      Mendorong Loyalitas Pelanggan

Aplikasi CRM memungkinkan perusahaan untuk mendayagunakan informasi dari semua titik kontak dengan pelanggan, baik via web, call-center, ataupun lewat staf pemasaran dan pelayanan di lapangan.

3.      Mengurangi Biaya

CRM juga memungkinkan biaya penjualan atau pelayanan lebih murah dalam skema program pemasaran yang spesifik dan terfokus. Proses ini tertuju ke pelanggan secara tepat pada waktu yang tepat pula.

4.      Meningkatkan Efisiensi Operasional

CRM memungkinkan penghilangan sekat birokrasi karena ini memungkinkan terjadinya otomatisasi transaksi, sehingga hambatan birokrasi dan administrasi dapat dikurangi.

5.      Menaikkan Time to Market

CRM ini memungkinkan untuk membawa produk ke pasar dengan lebih cepat dan informasi bagi pelanggan menjadi lebih baik. Pemasaran melalui Internet dapat mengurangi hambatan waktu dan geografis.

Fungsi manajemen hubungan pelanggan pada bisnis:

  • Mengidentifikasi kebutuhaan atau minat pelanggan
  • Fokus melayani kebutuhan pelanggan
  • Mengutamakan sudut pandang pelanggan
  • Menyediakan layanan dukungan pelanggan penuh
  • Membangun pengalaman pelanggan yang menyenangkan
  • Menyediakan solusi end-to-end untuk setiap permasalahan pelanggan
  • Memberikan informasi terpadu sesuai dengan kebutuhan pelanggan
  • Menangani keluhan pelanggan lebih komperhensif
  • Mencatat dan mengikuti semua aspek dalam penjualan

Cara Kerja Manajemen Hubungan Pelanggan

1.       Mendukung strategi yang terpusat kepada pelanggan

Sistem dari program ini mengutamakan pelanggan di segala aspek yang Anda lakukan. Perusahaan dan organisasi yang menggunakan sistem ini dapat menjaga kualitas dari pengalaman pelanggan, karena mereka menyadari pentingnya dari pengalaman pelanggan yang dapat menghasilkan loyalitas kepada perusahaan Anda.

2.      Sentralisasi data pelanggan

Sistem CRM menggabungkan semua penjualan, marketing dan informasi customer service di dalam satu database terpusat.

3.      Otomatisasi proses customer-facing business

Proses bisnis yang berhubungan langsung dengan pelanggan dapat berjalan dengan lebih efisien dengan penggunaan program ini. Marketing, penjualan, dan customer service dapat memberikan pengalaman lebih baik dalam memenuhi kebutuhan pelanggan. Semua berawal dengan prospek dan berakhir kepada pelanggan.

 

 

DAFTAR PUSTAKA

www.untag-sby.ac.id

https://jurnal.umj.ac.id/index.php/perspektif/article/view/12029/6788

https://kumparan.com/berita-bisnis/manajemen-hubungan-pelanggan-pengertian-tujuan-manfaatnya-1zyjQM8w9j2/full

https://qontak.com/blog/manajemen-hubungan-pelanggan/

 

 

Website : https://dinadeliafebriani.blogspot.com/   | Website Untag : https://www.untag-sby.ac.id/


Komentar

Postingan populer dari blog ini

1212000074 - Dina Delia Febriani - Bussines Relationship (S) - SEJARAH HUBUNGAN INDRUSIAL PANCASILA - Materi ke - 12

RESUME BUSSINES RELATIONSHIP Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya Fakultas Ekonomi dan Bisnis Nama  : Dina D.F.   NBI  : 1212000074   Matkul  :  Bussines Relationship S

1212000074 - Dina Delia Febriani - Bussines Relationship (S) - Ruang Lingkup Hubungan Industrial - Materi ke - 10

RESUME BUSSINES RELATIONSHIP Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya Fakultas Ekonomi dan Bisnis Nama  : Dina D.F.   NBI  : 1212000074   Matkul  :  Bussines Relationship S

1212000074 - Dina Delia Febriani - Bussines Relationship (S) - TEORI HUBUNGAN INDUSTRIAL

RESUME BUSSINES RELATIONSHIP Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya Fakultas Ekonomi dan Bisnis Nama  : Dina D.F.   NBI  : 1212000074   Matkul  :  Bussines Relationship S